Pengertian Sumber Daya Alam Terbaru

Sumber daya alam adalah unsur-unsur lingkungan alami baik fisik maupun hayati yang diperlukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan meningkatkan kesejahteraannya. Sumber daya alam dapat dibagi menjadi:
  • Sumber daya alam hayati, yaitu tumbuhan dan hewan
  • Sumber daya alam fisik, yaitu tanah, air, udara, bahan tambang.
Dari segi pemulihannya sumber daya alam dapat dibedakan menjadi
  • sumber daya alam yang dapat dipulihkan (terbaharukan) seperti sumber daya hayati, tanah, air.
  • sumber daya alam yang tidak dapat dipulihkan, misalnya bahan tambang, minyak bumi, gas bumi.
  • sumber daya alam yang tidak habis. misalnya energi matahari, energi pasang surut, udara.
Sumber daya manusia, berbeda dengan sumber daya alam hayati lainnya, yang hanya merupakan sumber energi, sumber daya manusia merupakan sumber daya fisik dan sumber daya mental.
  1. Sumber daya fisik, merupakan sumber daya yang sangat potensial yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
  2. Sumber daya mental, dengan akal dan kemampuan berpikirnya manusia dapata mengelola lingkungannya untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
Meningkatnya populasi manusia memerlukan lebih banyak lagi sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manusia dan lingkungannya
Telah kita ketahui bahwa ekosfer di bumi ini merupakan suatu sistem yang terpadu harmonis, dinamis, dan seimbang, namun tidak demikian halnya bila campur tangan manusia sudah masuk kedalam ekosistem tersebut.

Dengan segala usahanya manusia menguasai alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akibatnya terbentuklah ekosistem-ekosistem baru seperti desa dan kota. Dengan demikian perlu diperhatikan agar penyusunan ekosistem buatan seperti desa dan kota, hendaknya diusahakan agar daur ulang dapat berlangsung, sehingga keseimbangan dapat dipertahankan. 

Ketergantungan manusia terhadap alam lingkungannya
Manusia memerlukan tanah, air, udara dan tanah serta perlindungan yang semuanya diperolehd ari alam. Dengan berkembangnya kebudayaan manusia membutuhkan hal-hal yang lebih banyak lagi dari alam seperti logam mineral dan energi. api karena keadaan kulit bumi ada yang sangat kaya raya akan mineral dan energi, dan ada juga yang sangat miskin, demikian juga dengan kesuburan tanah untuk pertanian, maka tidak seluruh permukaan bumi memiliki potensi mendukung kebutuhan hidup manusia.
Sesuai dengan perkembangan  manusia itu sendiri, makin lama makin luas daerah yang harus dibongkar dan diolah yang mengakibatkan bertambah berat kerusakan lingkungan hidup manusia.

Keterbatasan lingkungan sebagai Sumber daya alam
Usaha manusia untuk mencukupi bahan makanan yang selama ini dilaksanakan adalah membuka lebih banyak lagi lahan baru , mengintensifkan buruh pertanian, dan mengembangkan teknik pertanian. Membuka lahan baru untuk pertanian berarti membongkar ekosistem alami yang berbentuk hutan dijadikan ekosistem buatan.
PAdahal hutan memiliki fungsi yang penting dalam menjaga keseimbangan alam. Hutan berfungsi sebagai berikut
  1. tempat penyimpanan tumbuhan dan hewan yang hidup di alam, artinya tempat persediaan gen, maksudnya agar varietas atau species tidak punah; pembawa sifat tertentu tidak lenyap.
  2. pengatur dan penyangka terutama terhadap hama dan penyakit.
  3. penyaringan atau filter terhadap udara.
  4. penahan angin
  5. penyimpan air dan berbagai zat hara.
Kerusakan hutan disebabkan oleh bermacam-macam hal antara lain:
  1. Berladang secara berpindah-pindah.
  2. penebangan kayu untuk dijadikan bahan energi.
  3. penebangan secara besar-besaran tanpa disertai seleksi yang baik dan tanpa penanaman kembali.
Dari uraian di atas jelas bahwa alam sudah terlalu berat untuk menyediakan kebutuhan manusia. Sekian artikel tentang sumber daya alam semoga berguna bagi wawasan anda.

0 Response to "Pengertian Sumber Daya Alam Terbaru"

Posting Komentar