Pengertian Bioteknologi Menurut Istilah dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Bioteknologi Menurut Istilah - Bioteknologi adalah penggunaan biokimia, mikrobiologi dan rekayasa kimia secara terpadu dengan tujuan memperoleh penerapan teknologi di bidang industri, kesehatan dan pertanian dari kapasitas mikroba, sel atau jaringan sebagai kultur.

Ada empat kegiatan utama yang ada pada ruang lingkup bioteknologi, diantara lain:
  1. Teknologi industri dengan menggunakan reaktor bio, dimana mikroba dan enzim menjadi katalis utama.
  2. Rekayasa genetika
  3. Peleburan sel dalam upaya manipulasi genetik
  4. Kultur jaringan pada sel atau tumbuhan
1. Hal yang pertama merupakan sumbangan yang paling nyata dalam aktivitas industri yang berdampak pada kemajuan ekonomi secara intensif. kemampuan mikroba dan eksploitasinya dalam dunia industri mikroba dijuluki sebagai buruh serba bisa. Hal ini didasarkan atas kemampuan mikroba yang bisa memproduksi lebih dari 500 macam bahan keperluan manusia. Hampir semua industri dilayani oleh jasa mikroba seperti berikut:
  • Sektor industri makanan  meliputi pengolahan daging, susu menjadi keju dan yoghurt. Ikan menjadi kecap dan sari ikan. Karbohidrat menjadi gula fruktosa. Pengolahan roti dari gandum, beras, jagung, dan singkong. Pembuatan tempe, tape, brem, bir,  anggur, cuka melalui fermentasi dan mikroflora alami.
  • Sektor pertanian mencakup produksi pangan, vaksin hewan, pupuk dan kompos organik. Mencari jenis tanaman yang tahan penyakit, tanaman yang mampu memupuk dirinya sendiri dengan perbaikan fiksasi Nitrogen, tanaman unggul, biopestisida, bio inteksida, penghancuran selulosa dan lignin, penyelamatan pasca panen, kultur jaringan,dll.
  • Sektor energi dari sampah organik dan bahan karbohidrat dapat diolah menjadi gas bio, gas hidrogen, metanol, etanol, butanol yang menjadi sumber energi untuk bahan bakar motor, pembangkit listrik, disel, pemanas ruangan, masak, lampu.
  • Sektor farmasi dalam memproduksi anti biotika, vaksin, enzim, antibodi, hormon, inhibitor enzim., penawar racun. Zat-zat yang diperlukan dalam keperluan diagnosa penyakit, obat kanker, kontrasepsi, dll.
  • Sektor industri bahan baku Bioteknologi dapat menghasilkan bahan dalam bentuk sangat murni. Bahan pelarut seperti aceton, butanol, etanol, metanol, asam sitrat, asam laktat, asam acetat, Vitamin B12, riboflavin, bahan baku parfum, dll.
  • Sektor pertambangan menambang bijih logam yang kandungan logamnya sangat rendah dengan bioteknologi mampu memberikan keuntungan, contohnya bakteri Thiobacillus ferro oxidans dapat mengekstrak logam dari bijih tembaga yang berkadar rendah.
2. Rekayasa genetik
  • Langkah pertama memilih gen yang akan menimbulkan efek yang positif seperti gen yang tahan terhadap hama dan penyakit tanaman, gen yang terlibat dalam fiksasi N dsb.
  • Langkah kedua  identifikasi dan isolasi gen yang diinginkan.
  • Langkah ketiga  gen-gen yang diisolasi dipindahkan ke vektor yang cocok untuk memindahkan gen ke sitim penerima. Vektor itu virus dan plasmid.
  • Langkah keempat tanaman harus diregenerasikan dari sesl-sel atau jaringan dipindahkan.
3. Peleburan Sel : translanasi nukleus, memasukkan semua gen dari nukleus ke dalam setiap sel yang menghasilkan embrio. Gen-gen yang ditransplantasikan akan diterusan pada generasi seterusnya.

4. Kultur jaringan sel tumbuhan dapat tumbuh pada kultur (media tumbuh) yang cukup mengandung nutrient. Prinsip dasar kultur jaringan dan sel adalah bahwa sel yang diisolasi akan mengembangkan potensi dasarnya = totipotensi. 

0 Response to "Pengertian Bioteknologi Menurut Istilah dan Ruang Lingkupnya"

Posting Komentar