Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur-Unsur Seni Rupa - Ilmu Pengetahuan - Pada dasarnya ilmu seni rupa memang sangat luas sekali. Namun kita harus mempelajarinya dari awal, Salah satunya unsur-unsur seni rupa yang wajib anda ketahui. Jumlahnya ada 8, berikut ini unsur-unsur seni rupa beserta penjelasannya:

Garis

Garis merupakan salah satu unsur yang sangat sederhana dan mudah untuk digunakan sebagai media ekspresi dan merupakan unsur yang paling kuno dalam seni.

Arah

Arah merupakan unsur yang terlihat sangat dinamis. Ada beberapa macam arah yakni arah horizontal,vertikal lurus, belok dan lain sebagainya.

Bentuk (Shape)

Shape dapat dijadikan sebagai area atau bidang atau pola. sebagai contoh lingkaran, Segi,dll

Ukuran

Kita tahu banyak sekali macam-macam ukuran tersebut. Dari panjang pendek, besar kecil, lebar sempit. Ukuran dapat menyebabkan kesan pada penghayatan sendiri sendiri.

Gelap Terang

Gelap terang bisa bersumber darimana saja, baik itu berupa warna maupun cahaya. contohnya warna putih, hitam pekat, dll. Cahaya yang letaknya jauh pada suatu benda akan memberikan kesan gelap terang.

Warna

Siapa sih yang gak tahu warna? Warna merupakan unsur yang paling banyak digunakan dalam penerapan karya seni rupa. Warna dapat memberikan kesan yang menarik. Menurut teori warna Goethe, warna dibagi menjadi 3 bagian yakni warne primer, warna sekunder, warna tersier.

Tekstur

Tekstur adalah unsur seni rupa yang unik, tekstur merupakan nilai raba dari suatu permukaan. ada 2 macam tekstur yaitu tekstur nyata dan tekstur semu.

Titik (Spot)

Titik adalah spot yang banyak digunakan dalam karya seni rupa. Banyak dijumpai pada lukisan pontilisme.

0 Response to "Unsur-Unsur Seni Rupa"

Posting Komentar