Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional - Ilmu Pengetahuan - Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dimiliki oleh warga negara Indonesia. Bahasa indonesia memiliki suatu keunikan tersendiri daripada bahasa yang lain. Pada Tanggal 28 Oktober 1928 biasa dikatakan dengan "hari sumpah pemuda" dimana kedudukan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional yang memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:


Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional.

Bahasa Indonesia dikatakan sebagai bahasa pertama negara kita. Itu menunjukan bahwa kedudukan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan identitas negara kita. Adanya pembuktian bahwa Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional terdapat pada sumpah pemuda yang bunyinya sebagai berikut :

"Kami poetera dan poeteri Indonesia mengakoe bertoempah darah satoe, Tanah Air Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia mengakoe berbangsa satoe,
Bangsa Indonesia.
Kami poetera dan poeteri Indonesia
mendjoendjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia." 

Bahasa Indonesia Sebagai Kebanggaan Bangsa.

Mengapa Bahasa Indonesia dikatakan sebagai kebanggaan bangsa kita? mungkin kalian sudah tahu, sejak merdekanya negara Indonesia tahun 1945 hingga sampai sekarangpun kita masih memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional kita. Berbeda dengan negara-negara lain yang masih terjajah, mereka harus belajar bahasa persemakmurannya. Contohnya negara India, Malaysia yang mau tidak mau harus bisa dan mengerti bahasa inggris

Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi.

Kedudukan ketiga dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam berbagai macam media komunikasi. Misalnya saja Buku, Koran, Acara pertelevisian, Siaran Radio, Website, dll. Karena Indonesia adalah negara yang memiliki beragam bahasa dan budaya, maka harus ada bahasa pemersatu diantara semua itu. Hal ini juga berkaitan dengan Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional sebagai Alat pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Agama, ras, adat istiadat dan Budaya.

Bahasa Indonesia sebagai Alat pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Agama, ras, adat istiadat

0 Response to "Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional"

Posting Komentar