Aliran (Gaya) Seni Rupa Modern Pengertian, Ciri-Ciri dan Tokoh

Seni rupa modern dibagi menjadi banyak bagian, diantaranya sebagai berikut

A. Klasikisme
Berkembang pada awal abad ke 19. Klasikisme Cenderung berorientasi pada gaya klasik zaman romawi dan yunani, berpusat di Perancis. Ciri-ciri: Indah, molek, dekoratif, dan berlebihan.

B. Neoklasikisme
Tokohnya adalah levis David. Ciri-cirinya adalah bentuk seimbang harmonis, terikat oleh norma intelektual akademis, batasan warna bersih statis dan bersifat istanasentris.

C. Romantisme
Berkembang pada abad ke 19 di Eropa. Ciri-cirinya adalah tema fantastik, khayal, penuh gerak dinamis,  komposisinya hidup, mengandung cerita dahsyat, dan karakter manusia dilebihkan. Tokohnya ialah Eugene Delacroix, Rouseau dan Theodore Gericould. Romantisme berkembang di Jerman, Belanda dan Perancis.

D. Impresionisme
Yaitu bersifat fotografi, penggambaran objek mengutamakan kesan selintas dari cahaya yang terpantul. Tidak memiliki kontur yang jelas. Tokohnya adalah, Claude Monet, Guster dan Renoir.

E. Eskpresionisme
Ialah suatu aliran yang mengutamakan kebebasan curahan batin, bebas menggali objek yang timbul dari dunia batin, imajinasi dan  perasaan. Tokohnya diantaranya : Vincent Van Gogh, Raul Gaugain, Paul Lezanne, dan Paul Klee.

F. Realisme
Yaitu suatu aliran yang menggambarkan sesuai kenyataan atau real. Realisme Dipelopori oleh gustavo Caubert. Tokohnya adalah, Honore Daumirer, Millet jean dan Francois.

G Dadaisme
Adalah suatu aliran yang merupakan pemberontakan terhadap aliran-aliran sebelumnya. Aliran ini mempunyai sikap kemerdekaan diri dari hukum-hukum seni yang berlaku. Ciri aliran ini : Sinis, nihil, berusaha melenyapkan keliaran, kebinalan dan kebrutalan lukisan dada. Tokohnya : Haus, ARP dan Tristan Tzara.

H. Kubisme
Bentuk tolak dari penyederhanaan bentuk-bentuk alam secara geometris/ berbentuk kubus. Tokohnya Pablo Picasso, Leo Ge Tel, Jan Sluter, Juan Gris dan Ferdinand Leger.

I. Futurisme
Lahirr di Italia pada tahun 1990. Sifatnya menggambarkan garis-garis dinamis penuh gerak. Tema yang dipilih adalah tentang kesibukan (pesta, perang,arak-arakan dan demo). Tokohnya : Carlo Carra, Umberto, Baccioni dan Gino Severini.

J. Surealisme (Pure Psyche automatism/otomatisme Kejiwaan yang murni).
Khayal, dunia mistis, horor, di luar akal. tokohnya Salvador, Dali dan Chirico.

K. Elektisisme
Lahir pada awal abad ke 20 sebagai penggabungan berbagai sumber gaya yang ada di dunia. Sumber seni ini diperoleh dari gaya seni primitif. Tokohnya : Picasso.

Sekian pembahasan kali ini tentang Auran (Gaya) Seni Rupa Modern, semoga bermanfaat.

0 Response to "Aliran (Gaya) Seni Rupa Modern Pengertian, Ciri-Ciri dan Tokoh"

Posting Komentar