Pengertian Daun Dan Fungsinya

Pengertian Daun Dan Fungsinya - Blogger ndeso net kali ini akan membahas tentang materi daun. Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang berperan penting dalam proses pertumbuhan pada tumbuhan, umumnya daun berwarna hijau karena mengandung klorofil, dan berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari yang digunakan untuk berfotosintesis. Daun disebut sebagai organ terpenting bagi tumbuhan karena tumbuhan merupakan organisme autotrof obligat, yaitu untuk melangsungkan hidupnya tumbuhan harus memasok energinya sendiri melalui perubahan energi cahaya matahari menjadi energi kimia (fotosintesis).

daun
Ilustrasi Daun


Morfologi

Bentuk daun sebenarnya banyak sekali, namun pada umumnya daun berupa helaian tipis dan tebal. Bentuk dasarnya membulat, dengan beberapa varians menjari, elips dan memanjang. Ada juga daun yang berduri, pada umumnya hidup di daerah kering, seperti kaktus, sukulen, xerofit,dll. Disini tumbuhan berduri tak memerlukan fotosintesis karena mereka mengalami peralihan fungsi dari tempat penyimpan energi menjadi tempat penyimpan air.

Warna hijau pada daun berasal dari kandungan klorofil. Klorofil merupakan senyawa pigmen yang sangat berperan dalam proses fotosintesis daun. Ada juga pigmen yang lainnya yaitu karoten (jingga), xantofil (kuning), antosianin (merah,biru,ungu, tergantung pada derajat keasaman).

Fungsi Daun pada umumnya 

-Tempat terjadinya fotosintesis.
Pada tumbuhan dikotil, tempat fotosintesisnya berada di jaringan parenkim palisade, sedangkan untuk tumbuhan monokotil, fotosintesisnya terjadi pada jaringan spons.

-Sebagai organ pernapasan. 
Organ Pernafasan daun yaitu stomata, yang berfungsi sebagai organ respirasi

-Tempat terjadinya transpirasi.
Transpirasi adalah terlepasnya air dalam bentuk uap air melalui stomata dan kutikula ke udara bebas

-Tempat terjadinya gutasi.
Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun .

-Alat perkembangbiakkan vegetatif.
Misalnya pada tumbuhan cocor bebek.

Cukup sampai disini pembahasannya, susunan-susunan daunnya belum sempat kami bahas, mungkin di lain waktu akan kami posting di blog ini. tunggu saja :)


0 Response to "Pengertian Daun Dan Fungsinya"

Posting Komentar